Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Ikan Louhan Mati

Bagi anda pecinta ikan hias, maka memiliki ikan hias cantik merupakan suatu hoby yang tidak bisa ditinggalkan. Maka tentu saja anda pasti tidak ingin ikan kesayangan anda tiba tiba mati di aquarium bukan? Untuk itu pada artikel ini www.pintudunia.com akan membahas tentang Penyebab matinya ikan louhan

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin memelihara ikan louhan atau lebih di kenal dengan ikan jenong ini. Ingat cara merawat setiap ikan itu berbeda, jadi jangan samakan cara merawat ikan louhan agar tidak mati dengan Cara Merawat Ikan Arwana. Setiap ikan pasti memiliki penanganan yang berbeda pula.

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa banyak sekali faktor yang menyebabkan ikan louhan ini bisa mati. Beberapa penyebab matinya ikan louhan terebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ikan louhan Stres

Penyebab Ikan Louhan Mati yang sering terjadi adalah karena stres. Cara mengatasi ikan louhan stres ini kadang kita dibuat pusing jika tidak paham caranya, bahkan tidak jarang yang googling di internet hanya untuk mencari obat ikan louhan stres ataupun Jamu Herbal Untuk Ikan agar tidak stres ini.

Ingat, stress merupakan faktor pertama yang menjadi penyebab ikan louhan menjadi mati. Untuk itu kita cek dulu apa sich ciri ikan louhan yang stres seperti di bawah ini.

ciri ciri ikan louhan stres

1. Nafsu makan turun drastis

Biasanya nafsu makan ikan louhan saat stress akan berkurang, bahkan menurun secara drastis. Yang biasanya mau makan dengan lahap, bisa tidak mau makan sama sekali bahkan ikan louhan akan mogok makan.

Ingat Ikan louhan ini jenis ikan yang sangat agresif dalam hal makanan. Jadi jika pada saat ikan louhan anda mogok makan maka ini adalah ciri ciri dari ikan louhan yang sedang stress.

2. Ikan louhan pudar warnanya

Ciri ciri ikan louhan yang stress yang selanjutnya adalah pudarnya warna pada ikan louhan. Pudar warna pada ikan louhan ini biasa kita lihat akan berwarna agak pucat dan tampak kurang sehat. 

Pernah ada yang bertanya kepada saya tentang cara menghilangkan warna hitam pada ikan louhan yang awalnya tidak ada warna belang hitam ini. Padahal warna belang hitam pada ikan louhan ini akan muncul saat ikan dalam kondisi stress.

Muncul nya warna pucat dan hitam pada ikan louhan ini juga sebagai indikator bahwa sudah saatnya ganti air/kurang tank. Air yang sudah tidak baik lagi akan menjadi sebab yang paling besar dalam mempengaruhi warna ikan louhan dan juga stress.

3. Ikan louhan gampang kaget

Pada beberapa kasus, saat stress Ikan louhan juga akan terlihat gelisah, terbukti jika dia akan kaget jika ada sesuatu yang mendekatinya. Contohnya adalah saat kamu mendekati aquarium, maka dia akan seperti kelabakan dan ketakutan. Intinya lain dari pada biasanya. Ini juga merupakan ciri ciri ikan louhan yang stres.

4. Jenong ikan louhan yang kempis

Ciri ikan louhan yang paling nampak ketika stress atau dalam keadaan tidak baik adalah jenong yang tempak kempis atau seperti lembek. Ingat pada beberapa jenis ikan louhan maka jenongnya akan menonjol, bulat dan ideal. Nah karena stress atau faktor air maka jenong ini akan tampak kempis. Jika hal ini terjadi siap siap berikan penanganan khusus.

5. Ikan louhan menjadi penyendiri

Ikan louhan yang hanya berdiam di pojok merupakan salah satu dari ciri ikan louhan yang dalam keadaan stress. Jadi jika ada yang bertanya kenapa ikan louhan diam di dasar akuarium, maka jelas ini adalah ikan louhan yang stress. 

Pada kondisi stress parah maka ikan louhan berenang miring atau seperti mabuk. Jika hal ini terjadi siap siap anda pindahkan ke karantina, kuras aquarium dan berikan oksigen tambahan.



 

2. Kualitas air yang tidak bagus

Penyebab ikan louhan mati yang selanjutnya adalah kualitas air yang buruk. Selain menjadi sebab awal ikan louhan menjadi stress maka kualitas air yang buruk juga bisa membuat ikan louhan menjadi mati.

Pastikan anda selalu cek kondisi air pada aquarium. Jangan pernah air terlihat keruh atau berwarna. Pastikan juga ketika anda memberi makan, semua makanan benar benar termakan habis. Jangan pernah ada sisa makanan.

Pada kondisi normal dan bagus maka paling lama mengganti air aquarium ikan adalah 20 hari. Jika tampak keruh maka bisa kurang dari 20 hari. Tidak mesti air di kuras habis. Anda bisa melakukan pergantian air ini kurang lebih 60% saja atau paling banyak 80% saja. Jangan sampai habis dan menyebabkan ikan tidak nyaman.

3. Mati lampu

Masalah yang menyebabkan ikan louhan mati yang sering terjadi juga adalah saat mati lampu dan anda tidak memiliki oksigen atau aerator batrai. Pada kondisi air yang sudah agak lama, maka mati lampu ini tidak boleh berlangsung lama. 

Saya memberi batas 2 jam saat mati lampu. Lebih dari itu maka saya akan pasang aerator elektrik yang pakai batrai/cas.

3. Pakan yang berlebih

Nah yang satu ini merupakan penyebab ikan louhan sering mati yang umum sekali, terutama ikan louhan yang masih kecil. Intinya jangan pernah berlebihan dalam memberi pakan ikan di Aquarium.

Trik memberi pakan ikan dalam aquarium adalah kasihkan pakan dan lihat, jika di makan dan habis kasih lagi. Di makan habis, kasih lagi sampai sekira takaran nya pas. Jangan di masuk kan sekaligus karena nanti akan membuat warna air pudar.

Apa pakan terbaik ikan louhan? Tentu pakan yang di beli di toko karena sudah jelas komposisi nya. Namun karena ingin hemat saya biasanya tak berikan pakan jangkrik dan juga ulat jerman pada ikan louhan saya.

Begitu pakan di berikan harus langsung dimakan oleh ikan. Jika tidak berarti sudah kenyang atau stess. Jika 1 menit saja tidak dimakan biasanya saya ambil kembali pakan tersebut.

Kelebihan pakan dalam aquarium adalah penyebab matinya ikan dalam aquarium yang paling umum

Demikian sharing kita hari ini untuk artikel yang menyebabkan ikan louhan mati. Silahkan share artikel ini jika dirasa bermanfaat.