Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Iklan di Android yang Sering Muncul

Cara Menghilangkan Iklan di Android - Saat kita menggunakan HP tentu kita merasa terganggu dengan kemunculan iklan yang tidak jelas dari mana asalnya saat browsing maupun bermain game di Android. Tak jarang iklan-iklan tersebut berupa malware yang sangat berbahaya bagi keamanan data kita dan cenderung membuat HP lemot. Meskipun sudah ada Cara Agar HP Tidak Bisa Disadap Siapapun namun terkadang tanpa sadar dari klik iklan itu lah masuk nya malware yang bisa menyerang data kita.

Parahnya lagi Iklan yang muncul di android ini juga membuat kita tidak nyaman saat browsing atau saat membaca novel online gratis

 Namun hal tersebut dapat Anda atasi dengan menerapkan cara menghilangkan iklan di android berikut ini.

1. Aktifkan Play Protect

Cara menghilangkan iklan di android yang pertama adalah mengaktifkan Play Protect. Google Play Protect dapat melindungi ponsel dari aplikasi yang mengandung iklan berbahaya. Anda bisa mengaktifkan fitur ini untuk menghilangkan iklan yang sering muncul di android.

Cara Mengaktifkan Google Play Protect


 

  • Buka aplikasi Google Play di ponsel Anda. 
  • Setelah masuk dalam tampilan menu Google Play, pilih menu profil yang terdapat dibagian kanan atas. 
  • Pilih Play Protect kemudian klik Settings 
  • Aktifkan fitur Scan Apps 
  • Selesai

 

2. Gunakan Adblock Browser 

Adblock Browser bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di Android. Aplikasi ini merupakan kombinasi dari browser dengan fitur pemblokir iklan. Jika Anda ingin menjelajahi internet tanpa gangguan iklan, aplikasi ini cocok untuk di gunakan. 

Adblock memiliki beberapa fitur seperti menghapus iklan di video, hapus iklan pop-up, menghapus iklan banner, hingga Blokir cookie pelacakan lintas domain.

 

3. Gunakan AdGuard 

Cara menghilangkan iklan di android berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi AdGuard. Aplikasi AdGuard ini sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna Android dan bersifat open source. 

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh AdGuard antara lain whitelist, adblock list, custom filters, dan masih banyak fitur lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak akan terganggu lagi oleh iklan saat berselancar di dunia maya.

 

4. Hapus Riwayat Pencarian 

Siapa sangka menghapus riwayat pencarian bisa menjadi alternatif cara menghilangkan iklan di android. Iklan yang muncul biasanya didapat setelah mengakses situs tertentu dari aplikasi Google Chrome.
Jadi, Anda bisa memblokir iklan tersebut dengan menghapus history atau riwayat pencarian di Google Chrome. Dengan begitu, iklan yang muncul akan hilang untuk sementara. Cara ini cukup ampuh dan patut untuk Anda coba.

 

5. Bayar Tagihan Aplikasi 

Pada umumnya aplikasi di Android berisi iklan yang terkadang mengganggu untuk mendapatkan penghasilan. Cara ini memang paling mudah bagi developer untuk mendapatkan uang. 

Pendapatan ini biasanya digunakan untuk biaya operasional, pengembangan aplikasi, dan mencari keuntungan. Untungnya, beberapa pengembang aplikasi menyediakan varian aplikasi berbayar. 

Aplikasi versi berbayar mereka bertujuan agar perusahaan mendapatkan keuntungan meskipun iklan di ponsel dihapus. Beberapa pengembang menawarkan skema langganan atau pembelian. 

Artinya, Anda harus membayar aplikasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Namun, aplikasi jenis ini jarang mendapatkan pembaruan konten sehingga terasa membosankan setelah digunakan beberapa.

 

6. Hapus Aplikasi yang Berpotensi Memunculkan Iklan 

Cara menghilangkan iklan di android lainnya adalah dengan menghapus aplikasi yang berpotensi menyebabkan munculnya iklan tersebut. Umumnya, aplikasi yang diinstal dari luar Google Playstore lebih berisiko memunculkan iklan atau malware karena tidak terdeteksi oleh sistem. 

Jika Anda menjumpai aplikasi yang berpotensi iklan pop up, sebaiknya segera uninstal aplikasi tersebut agar masalah pop up segera teratasi. Karena jika dibiarkan, maka lama kelamaan ponsel Anda akan lemot dan mudah terserang virus.

 

7. Pasang Ekstensi di Browser 

Berbeda dengan desktop, browser Google Chrome di Android tidak memungkinkan Anda untuk menginstal ekstensi. Oleh karena itu, silakan ganti browser. Anda dapat memilih browser Firefox atau Kiwi. 

Kedua browser tersebut mendukung ekstensi adblocker. Setelah Anda menginstal salah satunya browser tersebut , Anda dapat mencari pengaturan ekstensi atau add-on di Pengaturan. Kemudian instal Ublock Origin dan aktifkan.

 

8. Ubah DNS 

Langkah lain yang bisa Anda coba adalah mengubah DNS jaringan. Ini adalah cara menghilangkan iklan di Hp tanpa aplikasi. Perlu diketahui, pengaturan DNS bisa berbeda untuk setiap ponsel. Untuk cara mengubah DNS di Android perhatikan cara berikut

  • Buka Pengaturan > Jaringan dan Internet > DNS Pribadi. 
  • Pilih nama host penyedia DNS dan masukkan dns.adguard-dns.com. 
  • Kemudian klik Simpan

 

9. Reset Ponsel

Cara menghilangkan iklan di android juga bisa dilakukan dengan mereset ponsel ke setelan pabrik. Namun cara ini tidak kami rekomendasikan, karena data penting yang ada di HP Anda juga bisa terancam hilang.

Selain itu, prosedur yang salah dalam melakukan reset ponsel dapat mengakibatkan sebagian program rusak, akibatnya ponsel akan mengalami Booth Lop atau Stuck Logo saat di hidup kan.

 

10. Bawa Ke Tukang Service HP

Cara menghilangkan iklan di android terampuh sekaligus yang terakhir adalah dengan membawa HP Anda ke tukang servis. Dengan demikian maka masalah iklan yang muncul di Android akan terselesaikan dengan mudah.