Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penipuan Beli Di Shopee

Penipuan jual beli di Shopee masih saja sering terjadi meskipun saat ini shopee terus meningkat kan layanan dan keamanannya, namun bagaimanapun celah penipu selalu ada. Hal ini juga karena berbanding lurus dengan banyaknya pengguna baru atau user baru di shopee. User atau orang orang baru di shopee ini terkadang masih awam banget bagaimana cara belanja di shopee agar aman dari penipuan.

Adapun jenis penipuan di shopee ada banyak sekali jenis nya jika kita mau cari satu persatu jenisnya. Ada yang penipuan shopee barang tidak sesuai, ada juga penipuan di shopee karena barang asli tapi palsu, dan aneka macam penipuan lain nya bahkan ada kasus penipuan shopee pay later dan ada juga Penipuan Pinjaman Online dan aneka macam penipuan lain nya.

Sebenarnya tidak hanya di shopee yang banyak kasus penipuan ini, namun hampir semua online shop sudah banyak sekali kasus kasus penipuan. Pernah kemaren juga terjadi Penipuan Online Di WA yang sangat marak, tentunya korban nya juga adalah user user baru yang masih belum paham banget dunia online. Yup namanya aja belanja online. 

Maka dari itu bagi anda yang tidak ingin tertipu belanja online di shopee maka pada postingan ini saya akan membahas tentang Penipuan membeli Di Shopee yang sering terjadi dan bagaimana cara melaporkan penipuan di shopee, langsung simak ya.......

Agar anda paham, saya ceritakan dulu kasus penipuan di shopee yang sering sekali terjadi dan hampir terjadi pada sepupu saya.

Jadi awal nya saudara saya itu sedang mencari HP di shopee untuk dibeli, tentu saja muncul lah beberapa HP di pencarian shopee bukan? Lazim nya orang pasti akan membeli yang lebih murah atau mendekati mudah, sudah banyak yang beli, dan sudah banyak testimoni bagus bukan? Yup begitu juga saudara saya

Maka saudara saya memutuskan akan membeli HP sebuah toko di shopee  yang telah memiliki banyak pembeli dan sudah banyak bahkan ratusan bintang 5 nya, artinya toko nya pasti top bukan?

Cek gambar testimoni di bawah ini:


 

Jika anda baca testimoni dari ratusan pembeli rata rata bilang bagus banget ini toko


 

Tidak jarang yang kasih bintang full 5 pada toko tersebut


 

Ratusan testimoni bagus dapat kita baca jika kita mau scroll sampai ke bawah, yang aslinya adalah ini orang Penipuan Di Shopee


 

Hampir semua user bilang toko ini bagus, toko ini amanah, barang sampai dengan cepat dan sesuai.


 

Jika anda baca terus maka tidak ada yang bilang toko ini Penipu, semua bilang ini baik. Lalu mengapa kok saya bilang ini penipu di shopee?


 

Ingat, walaupun full bintang 5 dan ratusan bahkan ribuan testimoni baik telah toko ini dapatkan, namun anda jangan mudah percaya sebelum membaca artikel Penipuan Beli Di Shopee ini sampai selesai.


 

Nah karena membaca ratusan bahkan ribuan testimoni baik itu lah maka saudara saya lanjut belanja seperti di bawah ini:


 

Di bawah ini adalah HP yang dibeli dan nama toko nya yang akan saya jadikan real testimoni bagaimana cara mengetahui akun penipu di shopee.


 

Cara melihat Penipuan Di Shopee atau trik mengetahui toko penipu atau bukan di shopee adalah cek toko nya, klik dan lihat lah mulai dari :

  1. Usia akun
  2. Nilai yang didapat (bintang)

 

Umur akun memang tidak jadi patokan ya, namun bisa jadi bahan pertimbangan. Tidak mungkin kan umur akun yang baru kemaren tapi sudah full pembeli? Bisa jadi ini settingan.

Oke jika umur akun nya sudah lama, maka cek nilai yang ia dapatkan. ALias cek bintang nya.

Pada bintang yang didapatkan di toko pada apk shopee maka bisa kita pilih mau cek bintang berapa? Langsung saja cek yang kasih bintang 1 dan 2. Kalau yang kasih bintang 5 buat apa kita cek bukan?

Setelah cek hasil bintang 2 dan 1 maka hasil nya bisa anda lihat di bawah ini:

 


 

Dari sana anda bisa membaca bukan jika ini adalah Penipuan Beli Di Shopee


 

Kalau kita mau baca semua ada banyak yang menghujat bahkan marah marah pada komentar nya yang kasih bintang 2 atau 1


 

Akhir nya dengen berbagai pertimbangan saudara saya cancel pembelian. Dia aman dari Penipuan Beli Di Shopee namun teman nya sudah terlanjur beli dan HP nya adalah rakitan ulang, dalam 5 menit pakai sudah panas dan batrai drop.


 

Saran saya ketika anda ingin membeli online dari manapun, maka cek dan ricek lah sepuas nya dan jangan pernah terburu buru. Ingat, hampir 90% yang jualan online adalah penipu,kecuali anda paham ya..

Lalu....

Apa yang bisa anda pahami dari postingan saya tentang kasus penipuan online di shopee di atas? Oke agar anda paham simak kesimpulan saya di bawah ini

 

Ciri ciri penipuan online di shopee

 

Adapun ciri-ciri penipuan di shopee yang harus anda ketahui agar hal ini tidak terjadi pada anda lagi adalah:

  1. cek umur toko nya, jika baru aja di buat tapi yang belanja sudah full maka cek bintang 1 dan 2 nya dan jika ada pilihan lain cari lah yang umur akun nya sudah lama 
  2. Jika umur akun sudah lama dan sudah ada ratusan pembeli maka cek bintang nya 
  3. Perhatikan yang kasih bintang 1 dan 2 di atas. Lihat foto nya yang kasih bintang 1 dan 2. Real bukan? 
  4. Lihat yang kasih bintang 5 dan yang testimoni baik, rata rata tanpa foto profil dan tersistem. Yup ini bisa dibuat alias bisa di setting bro 
  5. Juga perhatikan yang kasih bintang 5 dalam menggunakan Foto yang sama yang di upload berulang-ulang dengan beda posisi saja. Anda harus jeli ini 
  6. kalau kita cek pada rating buruk banyak sekali akan mudah banget ketahuan

 

Artinya begini :

Bintang pada shopee itu real, tidak bisa di buat. Tapi bisa di setting. Paham? 

Maka ketika anda membuka profil toko calon dimana anda akan membeli maka klik profil dan cek bintang, maka langsung saja cek yang kasih bintang 2 dan 1 dan baca pelan pelan. Dari sana akan nampak yang salah toko nya atau user nya.

Perhatikan semua yang kasih bintang 5 itu real orang atau settingan. Secara logika anda ketika memberi testimoni apakah selangkap itu? bahkan ada full video dan aneka foto? Paham sampai sini?

Kita lo kadang kalau kasih testimoni paling mentok cuman bilang bagus, dan kasih bintang 5 bahkan kadang tanpa foto bukan? Kalaupun ada foto paling cuman 1. Lah ini yang kasih bintang 5 itu kadang kasih foto sampai 5 atau 6 foto bahkan ada video nya. Kurang kerjaan bukan? Yup ini settingan

Cek aja foto profil nya rata rata tidak ada, kalaupun ada pasti foto cewek semua atau foto yang lumrah di pakai penipu. Paham?

Jadi belanja di shoppe itu aman sekali jika anda paham apa yang saya tulis di atas. Ingat, jangan pernah klik terima barang jika anda belum coba/ bukak barang yang kamu beli ya..paham kan?

Bagaimana cara melaporkan kasus penipuan di shopee? mudah sekali, tinggal masuk ke apk nya lalu chat support nya.

 

Kesimpulan:

1. Jika anda belanja di shopee maka cek profil toko, lihat umur akun

2. Cek juga bagian bintang, langsung baca sampai tuntas yang kasih bintang 1 dan 2

3. Cek yang kasih bintang 5 lalu anda kira kira itu masuk akal atau tidak, cek juga apakah ada foto yang sama, dan apakah ada foto profil nya atau bukan. Settingan atau bukan akan nampak dari cara dia berkomentar

4. Jangan pernah klik terima barang jika anda belum puas dengan hasil belanjamu, karena jika belum klik terima, maka anda masih bisa berkesempatan untuk refund atau tolak barang.

5. Dari 4 point di atas, maka yang terpenting adalah point 4


Pada akhirnya dengan memahami tulisan saya di atas semoga anda dan keluarga terhindar dari segala jenis penipuan online ya..amin