Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Rumah Minimalis Terlihat Luas

Memiliki rumah dengan lahan minimalis membutuhkan trik tersendiri agar rumah tidak terasa sempit. Cara Menata Rumah Minimalis Agar Luas dan Lega ini penting sekali anda pahami.

Jika Anda saat ini sedang mencari cara agar rumah terasa lebih lega dan tidak terkesan sempit,  berikut akan kami berikan tips agar rumah minimalis terlihat lebih luas versi www.pintudunia.com

1. Pasang Cermin Pada Dinding Ruangan

Tips agar rumah minimalis terlihat luas yang pertama adalah memasang cermin pada dinding ruangan. 

Pernahkah Anda perhatikan di restoran atau pusat perbelanjaan banyak terdapat cermin di setiap dindingnya? Hal tersebut merupakan trik yang sengaja digunakan untuk menciptakan kesan ruangan yang terlihat luas.

Anda juga dapat menerapkan trik ini di rumah Anda. Semakin besar ukuran cermin yang Anda pasang pada dinding, semakin terlihat luas pula rumah Anda. Tak jarang cermin yang dipasang memiliki ukuran yang sama dengan salah satu bidang dinding sehingga ruang terasa menyatu dengan pantulannya.

2. Pilih Perabot Rumah Multifungsi

Pastinya Anda pernah melihat perabot dengan berbagai fungsi baik itu diramah teman, saudara, maupun dari Youtube.. 

Contoh furnitur multifungsi yang dimaksud adalah tempat tidur yang di bawahnya terdapat laci untuk menyimpan barang, maupun meja yang bisa di lipat untuk dijadikan tempat duduk.

Dengan menggunakan perabot seperti contoh diatas, maka rumah minimalis bisa terlihat lebih luas, karena hanya memerlukan sedikit barang yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

3. Pasang Jendela dan Tirai Besar

Tips agar rumah minimalis terlihat luas berikutnya dengan memasang jendela maupun tirai yang besar. Adanya jendela besar bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Pasalnya, jendela besar yang menghadap ke luar ruangan dapat memberikan kesan ruang seolah-olah berlanjut ke luar. 

Selain itu, jendela yang besar dapat membuat intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah semakin banyak. Kemudian, penggunaan tirai berukuran besar membantu memberika kesan langit-langit yang lebih tinggi sehingga ruangan kecil akan terlihat lebih luas secara vertikal.

4. Kurangi Penggunaan Sekat dan Pintu Pada Ruangan

Jika Anda memiliki rumah yang sempit, usahakan untuk tidak terlalu banyak memberikan sekat atau pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Tanpa sekat antar ruangan, rumah Anda akan terlihat jauh lebih luas dan lapang.

Atau, jika ruangan masih membutuhkan sekat, gunakan sekat dengan celah diatasnya agar ada kesinambungan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Kemudian kurangi penggunaan pintu pada setiap ruangan. Misalnya jangan memasang pintu di bagian ruangan penghubung antara ruang keluarga dan dapur. Hal ini juga agar rumah sederhana terkesan mewah yang bisa anda terapkan

5. Pilih Desain Plafon yang Tepat

Bentuk plafon atau desain langit-langit rumah juga akan menentukan luas atau tidaknya sebuah ruangan. Di ruang sempit, usahakan jarak antara lantai dan langit-langit cukup tinggi.

Hal ini tentu saja akan membuat ruangan menjadi jauh lebih luas. Dan seperti halnya dinding, penggunaan warna putih atau warna terang pada langit-langit rumah Anda dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

6. Pilih Warna Dinding Yang Tepat

Kemudian tips agar rumah minimalis terlihat luas selanjutnya adalah dengan memilih warna dinding yang tepat. Untuk ruangan sempit, memilih warna dinding yang sesuai sangatlah penting. Warna terbaik untuk ruangan kecil adalah warna terang atau gelap, bukan abu-abu.

warna cerah terkesan lebih luas

 

Dinding dengan warna terang akan membuat ruangan terkesan cerah dan terbuka. Sebaliknya dinding berwarna gelap juga membuat ruangan kecil tampak lebih besar. Apalagi jika rumah Anda memiliki pencahayaan yang bagus.

7. Gunakan Karpet Atau Permadani Dengan Motif Berulang

Trik visual yang bisa menciptakan ilusi ruang agar tampak luas adalah dengan menggunakan karpet yang memiliki pola berulang. Pilih pola berulang berukuran kecil agar lantai ruangan terkesan lebih luas.

Hindari pola besar yang justru bisa membuat ruangan terkesan sempit. Menggunakan beberapa karpet dengan motif yang berbeda juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperkuat kesan rumah mungil agar terkesan lebih luas. Usahakan menggunakan karpet dengan warna cerah dan serasi dengan warna dinding.

8. Jangan Meletakkan Perabot Menempel Pada Dinding

Menempatkan perabot dengan posisi menempel ke dinding mungkin terkesan membuat ruangan lebih luas. Namun persepsi tersebut ternyata salah karena justru membuat ruangan terlihat sempit dan penuh.
Hindari menggunakan perabot yang terlalu besar dan menempel pada dinding. Perabot yang berukuran kecil dan diletakkan jauh dari dinding justru lebih efektif dalam pemanfaatan ruang dan menghasilkan efek visual yang lebih luas. 

Jarak antara perabot dan dinding menyisakan ruang, efeknya visual berupa bayangan furnitur pada dinding juga berperan dalam menghasilkan kesan ruangan terlihat lebih luas.

9. Tempatkan TV Menempel Pada Tembok

Jangan letakkan TV di meja, lebih tepat jika menempelkan TV yang Anda miliki menempel pada dinding. Hal ini dapat dilakukan jika TV yang Anda miliki merupakan TV LCD. Namun jika ternyata yang Anda miliki adalah jenis tabung. Maka disarankan untuk menggantinya.

Dengan menerapkan 9 Tips Agar Rumah Minimalis Terlihat Luas di atas, maka anda bisa membuat rumah idaman anda terlihat nyaman meskipun sebenar nya tidak ber ukuran besar.