Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menata Rumah Minimalis Agar Luas dan Lega

Saat ini, seiring perkembangan zaman dan makin mahalnya harga tanah maka banyak sekali orang orang yang membangun rumah minimalis cantik. Walaupun sempit namun pesona rumah minimalis masih terus meningkat saat ini karena tentunya sempitnya lahan dan padatnya pemukiman penduduk.



Untuk itu, bagi anda yang memiliki rumah minimalis maka saat ini admin www.pintudunia.com akan memberikan tips menata rumah sempit agar terlihat luas yang kami fokuskan bagaimana menata rumah kecil banyak barang, Bagaimana cara membuat rumah kecil terlihat rapi.

Kita sama sama tau bahwa salah satu problem pemilik rumah minimalis adalah kurangnya space untuk mengatur tata ruang. Ditambah adanya barang dan perabotan yang overload membuat ruangan jadi semakin terlihat  sempit dan sesak. apalagi ditambah kita yang tidak pandai mengatur tata letak. Ibaratnya ini adalah kesalahan dalam membuat rumah, yang aturanya tipe besar kita bangun tipe kecil. Lantas bagaimana cara menata rumah minimalis agar terlihat lega dan rapi?

Cara Menata Rumah Minimalis Agar Terlihat Lega dan Rapi

Berikut beberapa tips menata rumah sempit untuk menciptakan nuansa lega dan rapi meskipun memiliki banyak barang dan perabotan:

1. Pakai Perabot Multifungsi

Perabotan overload memang membuat rumah terlihat berantakan dan sempit. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mulai terbiasa menggunakan perabotan multifungsi seperti meja lipat, sofa bed, kabinet dapur yang bisa  digunakan sebagai meja makan, rak tingkat atau kabinet serbaguna.

Anda juga bisa merombak tempat tidur biasa dengan tempat tidur yang memiliki banyak kompartemen pada bagian bawah. Kompartemen atau laci ini berfungsi ini menyimpan barang-barang sehingga dapat menghemat space.

2. Menggunakan Konsep Ruangan Terbuka

Tips kedua adalah menggunakan konsep ruangan terbuka tanpa ada banyak sekat. Karena pada kenyataannya, sekat justru akan membuat ruangan rumah Anda terasa semakin sempit. Jika tetap ingin menggunakannya, Anda bisa memanfaatkan lemari, sofa, gorden, rak  buku hingga pintu lipat sebagai sekat buatan. ini juga bisa membuat desain ruang tamu cantik meski hanya sekat buatan. Jadi konsep nya multifungsi.

Nah, agar ruangan rumah Anda semakin terlihat luas, tidak ada salahnya untuk meletakkan karpet aneka motif di area lantai. Untuk motif, sebaiknya pilih pola berulang atau kecil. Pola ini akan memberikan kesan ruangan terlihat luas dan lega.

3. Meletakkan Cermin Di Berbagai Sudut Ruangan

Dibalik fungsinya yang sederhana, cermin rupanya bisa jadi furniture untuk membuat ruangan menjadi sedikit luas. Anda bisa meletakkan benda ini di ruangan yang kiranya menjadi center seperti ruang tamu atau ruang TV. Untuk jenisnya, sebaiknya pilih cermin ukuran sedang dengan bingkai agar terkesan simple namun artistik.

Selain itu, menata rumah kecil banyak barang bisa disiasati dengan menggunakan rak dinding untuk menaruh berbagai jenis barang. Dengan rak jenis ini, ruangan Anda akan terlihat lebih lega tanpa ada banyak barang yang terekspos.

4. Pilih Warna Cerah Untuk Dinding

Tips selanjutnya adalah menentukan warna dinding yang sesuai untuk Anda pemilik rumah minimalis. Warna yang cocok dipilih ini adalah warna-warna terang seperti krem, hijau muda, abu-abu terang dan merah muda. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna tembok dengan perabot atau desain rumah Anda untuk mendapatkan kombinasi yang sesuai.

Begitupun untuk Anda yang ingin menggunakan wallpaper dinding. Sebaiknya pilih corak wallpaper yang tidak terlalu mencolok dengan motif sederhana seperti vertikal ataupun horizontal.

5. Gunakan Jendela Dengan Tirai yang Berukuran Besar

Siapa sangka, jendela juga menjadi faktor utama untuk membuat rumah sempit menjadi terkesan lega. Hal ini karena jendela besar bisa memberi akses lebih untuk cahaya matahari agar bisa masuk ke dalam rumah. Dengan cahaya matahari yang cukup, ruangan Anda yang tadinya sempit akan menjadi terlihat lebih luas.

Selain jendela yang besar, Anda juga bisa menambah ornamen tirai yang panjang menjuntai. Sama halnya dengan jendela, tirai juga akan memberi kesan ruangan Anda terlihat luas.

6. Menyimpan Barang di Dalam Barang

Untuk Anda yang memiliki banyak perabotan berukuran besar, bisa menggunakan cara ini untuk menghemat tempat. Misalnya, Anda memiliki panci ukuran jumbo yang jarang digunakan.

Agar bisa berguna, panci tersebut bisa digunakan untuk menyimpan barang lain yang jauh lebih kecil seperti mangkuk, piring dan lain sebagainya. Dengan cara ini, Anda otomatis bisa menghemat ruang simpan dan pastinya terlihat rapi.

7. Gunakan Perabot Rumah Sesuai Kebutuhan

Bagaimana cara membuat rumah kecil terlihat rapi? Jawabannya adalah menggunakan perabotan sesuai kebutuhan. Selain bisa dimulai dengan memanfaatkan perabotan multifungsi, Anda juga harus mulai menghindari ornamen bulat dan tebal yang bisa membuat perabotan terkesan berat. 

Selain itu, sesuaikan juga ukuran perabot atau furniture dengan ukuran ruangan pada  rumah Anda. Karena terbilang sempit, sebaiknya beli perabotan yang pas dan tidak makan tempat. Jika perlu, Anda bisa membeli banyak box, untuk tempat simpan barang seperti buku, mainan anak dan lain sebagainya.

8. Rajin Beres-Beres Rumah

Beres-beres rumah adalah kewajiban yang mesti dilakukan tidak hanya untuk Anda pemilik rumah minimalis. Kegiatan ini bisa membuat hunian terasa bersih dan nyaman untuk ditinggali. Selain itu, membersihkan rumah secara rutin juga bisa membantu Anda untuk meminimalisir barang-barang apa saja yang masih perlu dan sudah tidak terpakai. Jadi mulai sekarang, jangan malas untuk beres-beres rumah ya. 

Itulah beberapa cara menata rumah minimalis agar terkesan lega dan juga rapi. Bagaimana, cukup mudah  bukan? Besar kecilnya hunian kita bukan menjadi tolak ukur untuk menciptakan sebuah kenyamanan.

Selagi semua bisa ditata dan diatur dengan rapi, sekali apapun hunian akan tetap terasa nyaman dan betah untuk ditinggali. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!