Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Doa Wudhu

Salah satu sarat sah dalam sholat adalah suci dari hadas besar dan kecil. Untuk bisa suci dari hadas kecil tersebut tentu nya salah satunya adalah dengan berwudhu (bisa tayamum). Namun yang menjadi masalah adalah saat kita melihat anak anak kita atau anak usia sekolah pada umum nya dalam berwudhu terkadang masih jauh dari kata sempurna. Bahkan terkadang jika kita jeli melihat nya maka wudhu nya bisa batal karena dalam membasuh sebagian anggota wudhu ada yang tidak sempurna, misal nya dalam membasuh ke dua tangan maka ujung bagian siku nya masih kering. Tentu ini tidak sah.

Untuk itu sebagian madrasah dan tempat mengaji ada yang mengajarkan doa doa yang menyertai gerakan wudhu agar supaya anak anak kita wudhu nya pelan pelan secara sempurna dan tentu saja bernilai pahala karena sepanjang ia berwudhu, dia berdoa/ berzikir dalam tiap anggota wudhu tersebut.

Pada saat kita melaksanakan wudhu, ada banyak sekali doa doa yang ikut gerakan wudhu kita. Doa-Doa wudhu ini sering disebut sebagai doa doa yang menyertai gerakan wudhu dan doa setiap anggota wudhu ini sangat sunah sekali untuk kita baca. 

Adapun doa doa anggota wudhu ini kita baca dalam hati sambil membasuh anggota wudhu tahap demi tahap dari doa membasuh tangan / telapak tangan (epek-epek tangan) sampai doa membasuh kedua kaki dan di tutup dengan doa setelah wudhu.

Pada intinya setiap sesuatu itu kalau kita cari pasti ada doa nya karena berdoa adalah sunah nabi dan hal yang paling di cintai oleh ALLAH. Bukan hanya Doa Awal Dan Akhir Tahun Islam saja yang sunah kita baca namun doa doa dalam setiap gerakan wudhu kita juga ada, dan sunah kita baca dan amalkan. Ini bagus sekali karena selain bernilai ibadah juga membuat kita khusuk dan jeli dalam berwudhu dan membuat anak anak tidak cepat cepat dalam wudhu alias sempurna.

Jadi bagi anda yang belum hapal doa setiap anggota wudhu ini bisa anda baca dan hapal kan satu persatu di bawah ini. Silahkan save atau share ke wa atau FB agar tidak lupa ya sobat

Doa-Doa Dalam Gerakan Wudhu

1. Doa membasuh telapak tangan (doa membasuh epek epek tangan)

Allohummah fad yadii mim maa syiika kulliha

2. Doa  wudhu saat berkumur kumur

Allâhumma a-inni ‘ala zikrika wa syukrika, wa khusni ngibaa datik

3. Doa wudhu saat membasuh hidung

Allahumma ariḫni rooihatal jannah 

4. Doa wudhu saat membasuh wajah

Adapun doa atau zikir dalam membasuh wajah ini dibaca setelah kita membaca doa wudhu. Karena pas kita membasuh wajah kita doa wudhu dan di sambung dengan zikir di bawah ini:


Allahumma bayyid wajhii yauma tabyad du wujuhu  wa taswaddu wujuh

5. Doa wudhu saat membasuh tangan kanan


Allahumma a‘thini kitaabi biyamini, wa ḫaasibni ḫisaabai yasiroo

6. Doa saat membasuh tangan kiri

Allahumma la tu‘thini kitaa bi, bi syimaali, wa laa miu wara-idh dhahrii

7. Doa Wudhu saat mengusap sebagian kepala

Allahumma ḫarrim sya’ri wa basyari ‘alan-nari

8. Doa Wudhu saat membasuh kaki

Allohumma sabbit qodami ngalas shirooti yauma tazillu fiihil aqdaam

 

Setelah selesai itu silahkan menghadap kiblat dan angkat tangan dan baca lah  Doa setelah wudhu yang telah mashur kita baca sehari hari.

Perlu anda pahami jika zikir zikir pada setiap anggota wudhu ini sangat mudah dihapalkan dan di ajarkan kepada anak anak kita. Dengan catatan jangan semuanya kita berikan. Namun cukup 1 aja dulu, misalnya doa membasuh telapak tangan. Begitu sudah hapal dan sudah diamalkan kisaran 1 minggu, lalu berikan lagi doa membasuh hidung dan seterusnya.

Pola pemberian zikir wudhu secara bertahap ini anak tidak terbebani dan melatih disiplin dalam berwudhu. Berikan bertahap sampai semua selesai. Jangan pernah memaksa anak, namun berikan pengertian, contoh, dan motifasi. Sekali saja anak kita hapal, maka selamanya akan hapal karena setiap wudhu selalu di pakainya. Semoga anak anak kita jadi anak sholeh dan sholehah

Apakah anda sudah hapal? Jika belum maka silahkan screen shot saja setiap gambar doa doa tiap gerakan wudhu di atas. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi anda semua, amin.