Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pupuk Anggur Paling Penting



Informasi akurat soal pupuk untuk Anggur yang paling penting terkadang masih sangat di butuhkan untuk para petani anggur, karena terkadang antara informasi satu dengan yang lain nya bisa berbeda.

Maka dari itu pada postingan hari ini, admin www.pintudunia.com akan memberikan ilmu dan pengalaman terkait masalah pupuk wajib bagi anggur yang harus anda miliki dan anda berikan pada tanaman anggur anda.

Apa yang kami sharingkan ini sebenar nya sudah pernah saya bahas pada Cara Mengatasi Anggur Kerdil dan Stagnan, karena hampir mirip meski beda konsepnya.

Perlu anda pahami jika apa yang kami sharingkan di bawah ini merupakan hasil dari riset dan perlakuan kami saat membudidayakan anggur ya, jadi ini real apa yang telah kami praktek kan. Jangan samakan dengan orang lain, mungkin juga punya pengalaman yang lain. Maka nya penting bagi anda untuk mencari referensi sebanyak mungkin tentang jenis pupuk apa saja untuk tanaman anggur ini.


Oke langsung saja kita bahas mengenai Pupuk Anggur Paling Penting yang wajib kita miliki ini secara umum saya bagi kedalam 2 kelompok, yaitu :

  1. Pupuk anggur fase vegetatif atau pupuk masa pertumbuhan anggur
  2. Pupuk anggur fase generatif atau pupuk masa pembuahan anggur

Pupuk anggur masa vegetatif

Pupuk anggur pada masa pertumbuhan atau pupuk untuk anggur sejak awal tanam ini sebenar nya variasi, karena ada yang mengandalkan pupuk kimia dan ada juga yang mengandalkan pupuk organik, sedangkan kami menggunakan organik juga menggunakan pupuk kimia.

Agar anda paham akan kami jelaskan beberapa pupuk wajib pada tanaman anggur pada masa vegetatif berikut ini.

1. Dolomit

Pupuk dolomit sangat wajib dimiliki bagi petani anggur. Pupuk dolomit ini berfungsi sebagai pengendali PH dan juga pupuk wajib saat musim hujan. Pupuk dolomit bisa bermacam macam jenis nya, yang jelas intinya pupuk dolomit lah atau kapur.

Nah untuk penggunaan pupuk dolomit ini kami memberikan pada anggur yang tanpa kendala secara rutin 1 bulan sekali. Dosis untuk penggunaan pupuk dolomit untuk anggur ini adalah 1 genggam per pohon anggur usia di atas 2 bulan sejak tanam. Untuk anggur di bawah 2 bulan maka dosis dolomit untuk anggur yang kami berikan adalah 1 sendok makan peres. Aplikasi nya pupuk dolomit untuk anggur ini bisa kocor atau tabur sesuai selera.

Perlu di pahami jika pemupukan anggur dengan dolomit di atas adalah untuk anggur yang tanpa kendala dan menggunakan atap UV, sedangkan bagi anggur yang tanpa atap UV maka pupuk dolomit wajib diberikan setiap sehabis hujan dalam 1 minggu 1x. Artinya jika dalam minggu ini hujan maka wajib di berikan pupuk dolomit.

Jadi dosis pupuk dolomit untuk anggur tanpa atap adalah setiap minggu 1x jika ada hujan. Artinya jika kemarau panjang yang tanpa hujan bisa 1 bulan 1x. Paham ya?

Lalu mengapa ketika hujan anggur wajib kita pupuk dolomit? Karena jika tanpa UV artinya media akan basah, tentu asam dan PH akan drop. Kami pastikan beberapa hari kedepan pasti daun bercak kuning dan kurang sehat. Jadi wajib ketika ada hujan kita pupuk dolomit dalam 1 minggu 1x.

2. NPK se imbang

Pupuk NPK se imbang atau NPK 16 16 16 ini rutin kita berikan dalam 1 minggu nya 1x saja dan dosis nya adalah 1/2 sendok makan per pohon anggur usia di bawah 2 bulan. Untuk anggur usia sudah di atas 2 bulan dan perakaran sudah kuat maka bisa kita berikan 1 sendok setiap minggunya.

Catatan penting nya bagi anda yang menanam anggur tidak memakai atap UV terkadang jika kebanyakan pupuk NPK maka daun akan gosong, hal ini karena waktu hujan sudah terkandung unsur N nitrat, dan anda menambah lagi unsur NPK. Al hasil banyak daun, terutama daun muda yang gosong.

Jadi saran saya jika musim hujan maka pupuk NPK bisa di ganti dengan pupuk TSP. Nanti jika pas putaran pemupukan pada minggu depan nya lagi dan tidak hujan maka bisa di berikan lagi pupuk NPK.

3. TSP

Penggunaan, dosis dan waktu pemupukan pupuk TSP ini sama persis dengan pupuk NPK. Jadi pupuk TSP ini adalah pupuk pengganti dari pupuk NPK saat musim penghujan. Jika tidak dalam kondisi hujan maka pupuk TSP tidak perlu kita berikan, cukup pupuk NPK se imbang saja. Kecuali jika anda baru pertama membuat media, bisa anda tambahkan sedikit sebagai pupuk dasar media.

Pupuk TSP ini juga merupakan pupuk awal tanam anggur. Jadi pada media tanam anggur bisa kita berikan 1/2 sendok makan pupuk TSP ini agar perumbuhan anggur menjadi bagus.

4. Magnesium

Pupuk magnesium ini dosis nya cuman 1/2 sendok makan per 1 liter air jika dikocor kan pada daun. Anda bisa membaca dosis pupuk magnesium ini pada kemasan nya. Untuk di siramkan di media anda bisa gunakan 1 sendok makan per 1 liter air

Pupuk magnesium ini adalah pupuk wajib untuk tanaman anggur. Ciri anggur yang kekurangan magnesium adalah ada bercak kuning pada daun anggur. 

Waktu pemberian nya adalah jika tidak ada kendala adalah 1 bulan 1x saja, namun jika anda kendala maka bisa diberikan setiap minggu 1x

5. Pupuk KOHE

Selain pupuk kimia di atas maka anggur juga bisa kita berikan dengan pupuk kohe. Pupuk kotoran hewan untuk anggur ini bisa kohe apa saja dengan catatan kohe nya sudah lama/lapuk. Ingat jangan berikan kohe yang baru, kecuali sudah anda fermentasi. Usahakan minimal di atas 1 tahun kohe ini sudah anda diamkan. Ini bagi anda yang lakukan secara alami, bukan fementasi.

Pemberian pupuk kohe ini bisa anda berikan setiap 1 minggu nya 1 genggam saja rutin secara bertahap. Sambil di amati perkembangan nya. Jangan memberikan kohe secara langsung banyak karena takut nya masih panas sehingga malah nanti bisa OD [OVER DOSIS]


Pupuk fase generatif anggur atau pupuk pembuahan anggur

Untuk pemupukan generatif pada anggur malah lebih mudah lagi. Jadi pada fase sebelum pruning/sebelum pemangkasan maka tiap minggu nya masuk kan pupuk pembuahan lengkap setiap minggu nya 1x selama minimal 3 minggu.

Jenis pupuk pembuahan anggur adalah MKP, KNO3 putih, Karate +Boron

Tapi pastikan jika anda akan memberikan pupuk anda harus paham pada perkiraan cuaca, karena bagi yang berkebun anggur tanpa atap UV maka penting bagi anda paham tentang Cara Merawat Anggur Saat Musim Hujan.

Intinya perawatan lengkap nya bisa anda cari cari lagi referensi yang lebih lengkap di web ini, yang jelas berkebun anggur memang butuh ke uletan dan kesabaran tingkat tinggi.

Terimakasih telah berkunjung di web www.pintudunia.com, semoga informasi perihal pupuk paling dibutuhkan untuk anggur ini bermanfaat bagi anda