Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Ujian Manajemen Strategi

Semoga Contoh Soal Ujian Manajemen Strategi ini bisa membantu anda yang sedang belajar tentang management strategi. Contoh soal ujian fakultas FEBI ini kami berikan setelah beberapa saat yang lalu kami mengikuti ujian mata kuliah management strategi, semoga bermanfaat. Untuk soal ujian ekonomi syariah bisa anda baca di web ini juga.


 

Contoh Soal Ujian Manajemen Strategi

1. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur manajemen strategi?

Jawab : 

Unsur unsur manajement stategi adalah sebagai berikut:

a. Man (Sumber daya Manusia), yaitu Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia. 

b. Money (uang)

Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang. 

c. Materials (bahan baku)

Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi apapun.

Artikel lain nya yang wajib anda baca:

Contoh skripsi tentang pembayaran online

Perbedaan bank konvensional dan bank syariah

Makalah tentang tata cara pembuatan akad bank syariah


d. Machines (Peralatan Mesin)

Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. 

e. Methods (metode) 

Dalam menerapkan manajemen untuk mengelola sejumlah unsur-unsur di atas dibutuhkan suatu metode atau standard opartional prosedure yang baku dan kompeten.

f. Market (pasar)

Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, tanpa permintaan maka proses produksi akan terhenti dan segala aktifitas perusahaan akan vakum.


2. Kapan seharusnya perusahaan menurunkan harga dan bagaimana menanggapi perubahan harga tersebut ?

Jawab :

Perusahaan akan menurunkan harga jika :

  • Selera dan gaya hidup konsumen berubah
  • Pesaing merubah strategi
  • System pembayaran berubah
  • Produk anda ketinggalan zaman
  • Ada produk lain yanag lebih murah

Cara Menanggapi perubahan harga dapat dilakukan dengan beberapa cara :

1. Mempertahankan harga : Pemimpin tersebut dapat mempertahankan harga dan margin labanya dengan catatan kondisi dan keadaan pasar saat itu sangat memungkin kan untuk masih bisa melakukan ini.

2. Mempertahankan harga dan menambah nilai : Sama dengan point 1 d atas, maka Pemimpin tersebut dapat mempertahankan harga namun dengan meningkatkan produk, layanan, dan komunikasi dan servis yang lebih baik

3. Menurunkan harga : Jika kondisi memang menuntut maka Pemimpin tersebut mungkin menurunkan harganya

4. Menaikkan harga dan meningkatkan mutu : Pemimpin tersebut mungkin menaikkan harganya dan memperkenalkan merek-merek baru untuk mengepung merek yang menyerang tersebut.

5. Meluncurkan lini penyerang berharga murah : Perusahaan tersebut mungkin akan menambahkan barang berharga murah ke lini tersebut atau menciptakan merek terpisah berharga murah yang dapat menjadi kompetitor baru.


3. Apakah promosi pemasaran  internet mampu menjadi media utama dalam perusahaan ?

Jawab :

Saat ini hampir 90% masyarakat sudah mengenal dunia imers. Hampir semua masyarakat saat ini menjual dan membeli dengan cara online, baik melalui pembelian langsung maupun dropship maupun menggunakan platfrom pihak ke 3 semisal shoppe atau lazada atau lain nya.

Jadi akan Sangat mampu untuk menjadi media utama dalam perusahan karna di zaman sekarang media sosial sangat lah berguna untuk media promosi apa pun media yg ingin kite jual

Media Sosial Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya. Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Media sosial sendiri dapat memiliki fungsi yang positif atau negatif, tergantung dari penggunaannya.

Media sosial merupakan bagian dari internet yang memiliki fungsi salah satunya sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan produk olahan makanan yang digunakan oleh pelaku usaha. Media sosial digunakan sebagai alat promosi karena memiliki respon secara langsung dengan penggunanya. Dewasa ini sudah mulai banyak bermunculan akun di media sosial yang digunakan untuk memasarkan produk olahan makanan secara lebih luas.

 

4. Bagaimana cara meningkatkan SDM dan apa hubungan link internal dengan menajemen strategi?

Jawab :

Cara meningkatkan sumber daya manusia sedikit nya ada tiga cara tiga cara untuk meningkatkan kualitas SDM  agar berkualitas dan berdaya saing. Antara lain

  1. Melalui jalur pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karier
  2. Hubungan internal dengan manajemen strategi
  3. Melalui penghargaan

Pendidikan SDM, pelatihan dan training sangat lah penting bagi perusahaan agar orang orang yang bekerja di bawah nya meningkat SDM nya yang mana ini juga akan berpengaruh bagi kemajuan perusahaan.

Hubungan internal dengan manajemen strategi juga penting agar komunikasi lancar dan hal hal bisa di diskusikan dengan lebih baik

Penghargaan adalah hal yang sangat memicu karyawan untuk bekerja dan berpikir lebih keras. Jadi berilah penghargaan atas usaha atau pencapaian terbaik setiap karyawan anda.

 

5. Bagaimana strategi pemasaran menurut anda menentukan harga yang optimal agar dapat diterima oleh pasar ?

Jawab :

Dalam menentukan harga yang optimal maka langkah langkah berikut perlu anda terapkan :

Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Biaya

Metode ini adalah yang paling standar dan paling banyak digunakan, metode ini menentukan harga berdasarkan total biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk yang dijual, dan menambahkan sejumlah persentase tertentu sebagai laba.

Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Kebutuhan/Keinginan

Strategi ini lebih mengutamakan kondisi ataupun kebutuhan konsumen. Strategi ini memungkinkan adanya perbedaan harga meskipun produknya sama, akibat beberapa faktor tertentu seperti letak geografis, waktu, dan sebagainya artinya lain tempat bisa jadi lain harga, karena ini sesuai kebutuhan.

Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Persaingan

Strategi ini menyoroti harga produk sejenis yang dikeluarkan oleh industri pesaing Anda lalu anda bisa menetapkan harga setelah mengkaji dari kwalitas dan harga dari kompetitor anda.


6. Buatlah contoh Seandainya anda menjadi pemilik perusahaan apa visi dan misi anda dan bagaimana strategi anda meningkatkan harga pasar di era globalisasi saat ini ?

Jawab:

Visi Perusahaan :

” Mewujudkan Restoran Sate Pancoran sebagai Indonesian Stay Garden yang bernuansa tradisional namun berwawasan internasional ”.

Misi Perusahaan :

  • Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
  • Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada koridor tradisional.
  • Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal.
  • Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi restoran terbaik di Indonesia.

Strategi Perusahaan yang bisa saya terapkan:

Strategi yang tepat untuk diterapkan adalah strategi bertahan dan memelihara.

Penetrasi pasar, yang terdiri dari melakukan penyegaran terhadap brand image, penerapan format bisnis waralaba, melakukan promosi-promosi aktif dan mengembangkan pola kemitraan.

Pengembangan produk. Termasuk dalam strategi ini adalah meningkatkan kualitas produk dan layanan, terus melakukan modifikasi dan pencarian varian-varian sate, mengembangkan menu sehat, dan menciptakan suasana makan yang menyenangkan.

Pengembangan Karyawan yang tersusun atas strategi-strategi peningkatan keterampilan dan kemampuan karyawan dan pengembangan sistem reward.

 

Terimakasih telah membaca Contoh Soal Ujian Manajemen Strategi semoga ini bermanfaat bagi anda. Silahkan kontak admin untuk pembuatan makalah dan lain sebagai nya jika anda tidak menemukan nya di blog ini.