Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog - Membuat blog ramai pengunjung tentu sangat kita harapkan, apalagi bagi kita yang baru terjun ke bisnis blogger ini. Pengunjung yang banyak merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang blogger. Berbagai cara tentu telah kita tempuh agar blog kita menjadi ramai pengunjung. Apakah anda seorang pemula di dunia blogging dan seo? Jika iya, maka anda telah membaca artikel yang tepat karena Cara Meningkatkan Pengunjung Blog untuk pemula lah saya khusus kan artikel ini, dengan niat 100% ikhlas berbagi. Semoga manfaat ya....

Cara menambahkan jumlah pengunjung di blog ini ada banyak sekali cara nya sobat, tergantung kita mau yang seperti apa. Ada yang menginginkan cara menambah pengunjung blog otomatis atau cara memperbanyak pengunjung blog dengan software, ada juga yang ingin nya natural alias alami sama seperti blog saya ini. Anda pasti datang ke blog saya ini secara alami bukan? Yup ini lah yang akan saya share pada artikel ini. Saya tidak akan membahas cara meningkatkan traffic blog dengan sofware ya....

Cara meningkatkan visitor blog ini sebenar nya secara konsep mirip dengan membuat agar blog page one google karena jika blog sudah berada di page one google pasti visitor nya banyak kan? Namun itu tidak sama persis sobat, karena banyak juga blog yang tidak page satu google namun visitor nya tetep banyak.

Rahasia menambah visitor blog walaupun tidak page one google, ini tepat nya judul postingan ini yang akan saya bahas di bawah ini. Sehingga dari visitor itu nanti nya akan mengangkat blog kita secara bertahap menjadi page satu google. Kuncinya semakin sebuah blog banyak di sukai, banyak di baca, banyak di share maka lama kelamaan pasti akan di ratting oleh google. Paham?

Secara singkat cara meningkatkan traffic blog ini ada 2 macam yaitu :

  1. Traffic blog by mesin pencari
  2. Traffic blog by non mesin pencari

Jadi yang pertama adalah visitor itu datang dari mesin pencarian baik google, bing, yahoo atau yang lain nya lah. Terserah mesin pencari nya apa yang penting dia datang dari kolom pencarian maka akan kita kategorikan Point 1 ya. Sedangkan yang ke dua itu visitor tidak datang dari mesin pencari, tapi kita yang mendatangi visitor. Terlepas point 1 atau 2 tetep ke dua nya adalah visitor murni dan alami ya, bukan memakai sofwer atau robot apalagi yang berbau ilegal. Stop melakukan hal tersebut.

Oke langsung saja, jika kita mengejar point pertama, yaitu visitor atau traffic datang dari google ini merupakan hal yang sulit namun juga mudah, hmmmm kok bisa sulit tapi mudah? hehehe 

Begini sobat pintu dunia.....Jika kita mengejar visitor dari cara pertama maka ini susah karena akan banyak aral rintangan, apalagi bagi seorang pemula di blogger ini. Ingat artikel Cara Meningkatkan Pengunjung Blog ini saya tulis khusus untuk pemula ya....yang sudah master salah hotmat saja hihihi

Sekali lagi mengejar visitor murni mesin pencarian itu berat bagi pemula. Maka saya sarankan langsung ke point 2 karena dengan berjalan nya point 2 maka point pertama akan otomatis terjadi pada blog kita, sehingga di atas tadi saya katakan sulit tapi mudah. Paham? 

Setelah anda paham jika point 1 kita lewatkan dulu, lewat bukan berarti tidak kita kejar ya....tapi percayalah nanti otomatis semua artikel kita akan muncul di mesin pencari dengan sendiri nya jika anda paham dengan point 2 secara detail. Ingat saya memberikan tutorial cara meningkatkan pengunjung blog ini tidak asal asal lan tapi telah saya riset dan saya lakukan.

Apa saja hal yang mesti kita persiapkan untuk meningkatkan traffic blog by non mesin pencari? Tentu saja akun sosial media dalam hal ini adalah facebook.

Wah jangan jangan ini FB ads to adsense, atau ini trik nyepam link di Facebook dengan auto bot ya? Oh tentu bukan ingat kita adalah aliran putih maka jadi lah bermanfaat bagi orang lain dan jangan menjadi blogger yang menjengkel kan. Setuju? Kita back to point 2 secara detail ya...baca sampai tuntas.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog menurut point 2 maka hal hal di bawah ini harus anda miliki dan anda persiapkan, diantara nya adalah :

1. Blog Berkualitas

Cara meningkatkan traffic blog yang banyak tentu anda harus memiliki blog yang berkualitas. Berkualitas disini anda benar benar berjiwa blogger dan mempunyai blog real karena ingin berbagi informasi dengan sesama. Terserah artikel mu mau page one google atau tidak ini tidak penting di sini. Yang penting adalah niat awal. Jika niat nya berbagi informasi maka insyaallah pasti artikel mu bermanfaat. Ingat ya no 1 nya niatkan berbagi informasi yang bermanfaat. ini cukup

2. Penuhi mau nya google

Trik menaikkan pengunjung Blog selanjutnya adalah selain blog yang berkualitas, blog juga harus memiliki apa yang google inginkan. Google ingin setiap blog itu transparan ya, artinya terbuka terhadap semua informasi dan bisa di kontak jika ada masalah. Maka pastikan blog mu memiliki halaman Contac Us, Disclaimer, Privacy Policy, dan Sitemap. Kita ambil contoh blog pintu dunia maka anda bisa melihat pada bagian bawah blog ini. Paham? Ini juga merupakan sarat diterima google adsense jika anda berminat ikut program nya google.

3. Postingan blog yang manfaat dan natural

Sesuai dengan niat anda berbagi informasi maka Cara Menambah Pengunjung Blog yang wajib anda pahami adalah tulislah artikel yang memang bermanfaat dan natural. Jangan pernah maen robot, atau AGC, spinner dan lain sebagai nya. Intinya tulis yang kamu pahami saja. Banyak kok di sekitar kita yang bisa kita tulis.

Tak kasih contoh kasus nyata, cek gambar di bawah ini :

Blog yang tidak natural tapi page 1 google

 

Sudah anda lihat? Yang saya lingkari biru itu nama blog nya. Dia memang page 1 google sementara ini. Tapi apa berpengaruh banyak? Tidak...sama sekali tidak. Saya tadi memang berniat browsing...begitu masuk kedalam blog nya artikel nya hancur bro....kata kata nya ngeri banget...cek aja yang saya lingkari merah. Blog ini adalah hasil robot/agc/spinner dll....artinya itu artikel bukan natural di tulis tangan. Paham?

Mengapa saya katakan tidak berpengaruh? Jangan kan klik iklan, atau jangan kan baca related post nya..masuk sebentar aja sudah saya tutup. paling lama saya masuk di blog tadi cuman 5 detik. Setelah saya baca sekilas dengan bahasa yang hancur ya saya tutup dong...ingat masih banyak pilihan yang lain kok. Saya bisa browsing cari referensi yang lain kok. Banyak kok yang membahas sejenis.

Semua orang pasti setuju dengan pemikiran saya di atas bukan? Pahami lah hanya natural lah yang akan bertahan di bisnis ini kawan. Stop bermain curang dan black hat seo kawan. Orang tidak akan bertahan lama di blog mu...hanya 5 detik lah paling lama. Berbeda dengan konten yang alami dan original. Contoh nya artikel yang anda baca ini. Pasti anda tidak merasa rugi kan masuk ke sini? Ini saya tulis manual dengan hati lo...hehehehe beda banget sama blog AGC yang cuman ngandelin sofwer kan?

4. Blog siap di ajak tempur

Nah setelah 3 point di atas anda laksanakan maka pastikan blog anda siap di ajak tempur. Untuk tips meningkatkan pengunjung blog maka blog kita harus:

  1. Tampilan blog seo friendly
  2. Template support mobile atau mobile friendly
  3. Reload nya ringan
  4. Tidak banyak iklan
  5. Perbaiki broken link 

Saya tidak akan menjelaskan 5 hal di atas ya karena saya fokus pada judul. Saya angap anda telah paham 5 hal di atas ini.

Oke setelah anda paham 4 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog yang telah saya bahas di atas, maka saat nya kita bahas langkah terakhir atau langkah rahasia nya.

Ingat saya tidak peduli blog mu page satu google atau tidak, selama 4 langkah di atas sudah anda laksanakan maka visitor mu pasti naik. Ikuti cara di bawah ini 

Siapkan akun facebook sesuai jumlah Browser di laptop mu

Misal laptop mu memiliki peramban 3 buah yaitu mozilla, safari dan google chrome. Maka siapkan juga 3 facebook. Tujuan nya agar tidak logout dan ganti ganti akun FB. Rawan limit jika anda lakukan hal demikian. Makin banyak browser makin bagus artinya makin banyak FB sesuai browser.

Menentukan jenis teman dan group Facebook

Nah dari FB yang ada itu tentukan jenis teman dan group sesuai dengan niche blog mu. Tidak mesti sama tapi minimal mendekati. Contoh blog mu membahas tentang pertanian dan perkebunan, HP dan komputer, Perikanan. 

Saya anggap blog mu banyak membahas 3 itu ya..paham? Meskipun blog mu juga membahas konten yang lain tidak masalah yang jelas 3 konten di atas ada banyak. 

Tak kasih contoh 1 Facebook ya....

Contoh nya misal kan anda tentukan, FB yg di mozilla khusus membahas pertanian dan perkebunan, jadi bahas lah tentang pertanian dan perkebunan di status mu se natural mungkin, dan add lah semua group pertanian dan perkebunan se Indonesia. 

Tambah kan juga temen temen yang hoby pertanian dan perkebunan dan bergelut di bidang ini.  Ingat harus natural ya, jangan membuat temen mu tidak melirik bahkan jengkel

Contoh status misal nya " Alhamdulilah setelah membaca artikel Cara Agar Sawit Tumbuh Subur akhir nya pohon sawitku yang kemaren kuning dan hampir mati sekarang subur kembali, semangat terus petani sawit indonesia

Status di atas adalah natural sobat...biarkan temen mu yang tertarik komentar misal nya " bagaimana cara nya dong? " Bagi link nya dong?" dll... Nah ketika itu terjadi kasih lah link mu yang membahas hal tersebut, jadi mereka merasa ada manfaat nya berteman dengan mu dan jangan lupa artikel mu itu juga harus benar dan terbukti. Sesuai point pertama jadi lah blogger yang bermanfaat

Kasih solusi dan catat apa yang tidak anda miliki

Kembali ke CONTOH FB yang 1 tadi ya....Kemudian add semua group pertanian dan perkebunan. Terserah group apa saja. Misal ada group petani sawit indonesia misal nya. Masuk lah di sana. Banyak banyak masuk group ya...sampai full gpp ini penting.

Misal nya ada yang bertanya di group "tolong yang paham ajari Cara Memilih Bibit Sawit Yang Bagus dong? "

Nah ini penting...blog mu punya gak artikel tentang cara memilih bibit sawit yang bagus? Kalau punya kasih solusi, berikan link nya misal nya jawab begini" Banyak cara nya teman...tapi saya baca artikel ini bagus dan tepat juga, semoga bermanfaat ya" lalu kasih link blog mu

Lembut bukan? Tidak ada pemaksaan bukan? orang butuh solusi kan? Pasti di buka kan? Ini lah yang saya maksud jadi lah bermanfaat dan jangan menjengkel kan. Jangan kasih link seo atau blog haha

Kok ada yang menjengkel kan? Yup anda share link ke group secara asal dan masal...ini spam bro...jangan lakukan ini. Contoh group FB pecinta kucing, tapi anda share link Cara Meningkatkan Pengunjung Blog. Apa gak jengkel yang membaca? gila ini mah...harus nya anda share link tentang kucing....tapi link tentang kucing pun jika di post di group tetap tidak boleh. jangan lakukan ini

Ingat jangan pernah share link di group ya...anda hanya boleh share jika ada yang bertanya via komentar. Orang yg tidak butuh tidak akan klik blog mu. Percayalah..malah anda capek nanti. Jadi konsep nya banyak banyak add group sesuai FB, lalu baca lah postingan orang. Jika ada yang bertanya jawab dan kasih link. Jika anda tidak punya solusi nya di blog mu maka catat apa yang tidak anda miliki dan segeralah buat artikel nya. Ini penting supaya jika lain waktu jika ada yang bertanya anda punya

Jika semua pertanyaan di semua group anda punya artikel nya, dan anda kasih kan link nya saya pastikan lama kelamaan blog mu akan banjir visitor dan blog mu jadi manfaat. Otomatis google akan membuat blog mu page one. Saya sudah riset ini dan terbukti 100% ampuh. Dengan catatan tebal "anda punya setiap yang di butuhkan orang di group" jika tidak punya artikel nya segera buat. Lama lama blog mu akan jadi komplit kan? gak perlu cari ide yang lain...cukup penuhi semua yang ditanyakan orang orang di group

Jika apa yang saya jelaskan di atas anda pahami dan anda laksanakan maka saya jamin blog anda banjir visitor dan ini merupakan Cara Meningkatkan Pengunjung Blog paling ampuh yang pernah saya riset.

Sebagai penutup Cara Meningkatkan Pengunjung Blog, yang jadi kata kunci adalah :

  • Persiapkan blog mu sampai siap tempur
  • Buat FB yang sesuai niche blog mu
  • Add banyak group yang sesuai FB target
  • Baca postingan group dan balas yang butuh bantuan dengan link blog mu
  • Jika tak memiliki artikel yang sesuai postingan group segera buat di blog mu
  • Siap siap banjir visitor

Sekali lagi semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di web pintu dunia