Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Ikan Koki Mati

Penyebab Ikan Koki Mati - Memiliki ikan peliharaan cantik yang menghiasi aquarium tentu menjadi kebanggaan bagi sebagian orang, apalagi ini adalah ikan mas koki yang sangat terkenal di dunia. Ikan mas koki menjadi sangat terkenal karena merupakan ikan kesayangan pada zaman dinasti ming. Sebagian masyarakat tiongkok mempercayai bahwa memelihara ikan mas koki akan mendatangkan banyak kebahagiaan sehingga ikan mas koki ini sangat terkenal dan paling banyak di pelihara.

Terlepas apakah ikan koki apakah benar bisa mendatangkan hal hal baik atau tidak, yang jelas ikan hias koki ini memang sangat lah cantik untuk kita pelihara dan bisa membuat kita merasa nyaman saat memandangnya, apalagi melihat gemulai tubuh dan ekor nya bisa membuat orang tersenyum lucu, mungkin inilah hal hal baik yang dimaksud itu.

Agar anda semakin paham dengan ikan koki ini mari kita bahas nama ilmiah ikan mas koki ini.


 

klasifikasi ikan koki secara ilmiah

  • Kelas = Osteichthyes
  • Sub kelas = Teleostei
  • Ordo = Cypriniformes
  • Sub ordo = Cyprinoidea
  • Famili = Cyprinidae
  • Genus = Carassius
  • Spesies = Carassius auratus

Mungkin sobat ada yang bertanya "Mana yang benar ikan koki atau ikan mas koki?" Dua nama ini sama sama benar ya, di kasih nama ikan mas koki karena ikan koki ini masih satu kelurga dengan ikan mas yaitu sama sama dari family Cyprinidae. Sehingga mau pakai nama ikan koki atau ikan mas koki sama sama benar.

 

Setelah anda paham dengan ikan koki di atas, yang jadi permasalahan di sini adalah mengapa ikan koki mudah mati? Ini yang sering di tanyakan oleh banyak orang, bahkan saya sendiri pernah memelihara ikan koki oranda dan mati juga. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Cara merawat setiap ikan tentu berbeda antara ikan satu dengan ikan lain nya. Misal nya Cara Merawat Ikan Arwana dan cara merawat ikan Koki tentu beda karena dari jenis nya saja sudah berbeda. Jika jenis nya sama kurang lebih sama lah dari segi perawatan nya. Misal nya cara merawat ikan koki oranda dengan ikan koki mutiara pasti kurang lebih sama. Contoh lain misal nya ikan arwana golden red dengan ikan arwana silver, tentu mirip cara perawatan nya

Kita tau bahwa Ikan di aquarium ini lebih halus cara perawatan nya, berbeda jauh dengan ikan dalam kolam. Jika ikan kolam mungkin kita bisa kasih Jamu Herbal Untuk Ikan secara masal di kolam, sedangkan di aquarium jika di kasih jamu pasti warna air nya tidak bagus dan harus kita kuras lagi sehingga jamu pada ikan di aquarium sebaik nya pas mau di kuras saja.

Baiklah sekarang kita simak Penyebab Ikan Koki sering Mati di Aquarium, diantaranya karena:

1. Kualitas Air Yang kurang bagus

Kualitas air merupakan salah satu Penyebab Ikan mas Koki Mati yang sering terjadi. Kualitas air yang buruk pada Aquarium ini bisa terjadi karena banyak hal. Diantara penyebab buruk nya kualitas air Aquarium adalah:

a. Terlalu banyak memberi makan

Bagaimana cara memberi makan ikan koki yang terbaik? Ini penting anda pahami agar anda tidak salah lagi dalam memberi makan ikan koki. Konsep nya berapapun jumlah ikan koki yang kamu miliki dan berapapun jumlah makan yang kamu berikan itu tidak penting, yang paling penting disini adalah makanan ikan koki harus habis dalam waktu sekitar 1 menit. Kalau dalam 1 menit makanan itu tidak habis, artinya kebanyakan. Maka besok nya harus di kurangi.

Jika makanan apung yang kamu berikan, misal nya pelet. Maka makanan ikan apung jangan sampai ada yang tenggelam atau hancur. Hal ini terjadi karena lama gak di makan makan. Jadi konsep nya maksimal 1 menit ya makanan ikan koki ini harus habis. 

Cara terbaik memberi makan ikan koki adalah sedikit dulu, habis kasih lagi, habis kasih lagi sampai sekitar kenyang. Ingat terlalu banyak memberi makan akan menyebabkan kualitas air yang buruk. Pada makanan ikan pasti ada pengawet dan pewarna. Jika terlalu terendam air maka akan mempengaruhi kulaitas air nya dan bisa menjadi salah satu penyebab ikan koki sering mati.

Perlu diperhatikan juga pada kotoran ikan ada zat bernama amonia yang mulai terbentuk. Amonia ini bisa menjadi zat berbahaya bagi ikan mas koki, terutama jika akuarium mu tidak menggunakan filter air yang baik.

Kesimpulan nya soal makan ini maka tetaplah memberi makan ikan dengan rutinitas biasa. Hindari terlalu sering atau memberi terlalu banyak makanan. hati hati jika banyak anak kecil atau anak tetangga. Biasa nya suka memberi makan dan terlalu banyak sehingga pada mati semua. Hal ini sering terjadi sobat...harap perhatikan.

b. Lama air tidak di kuras

Berapa lama air aquarium harus di kuras? Jika ada yang bertanya demikian maka tergantung jenis ikan nya sebenar nya. Untuk ikan koki aquarium harus di kuras yang terbaik adalah 1 minggu sekali sebanyak 10% saja kita ganti air nya. 

Untuk yang biasa menguras 2 minggu sekali untuk ikan koki bisa ganti air 20% nya. Jika sudah terbiasa bisa juga 1 bulan sekali kita ganti sekitar 50-70% lah. Intinya kita tidak perlu menguras sampai kosong ya karena malah membuat sang ikan menjadi stress. Ganti aja 20% tapi tiap 2 minggu sekali ini sudah baik sekali. Ini merupakan jadwal menguras air aquarium terbaik.

Kemudian dalam menguras air aquarium cukup pakai spon saja, jangan pernah pakai sabun dan lain nya. Cukup kita usap usap bagian pinggir samping nya agar kinclong kembali. Udah gitu aja..pasti aman

2. Adanya penyakit 

Penyakit pada ikan koki yang sering terjadi adalah infeksi parasit dan bakteri. Penyakit ini mudah kok dilihat. Maka nya sebagai pemilik ikan anda harus jeli adakah yang berubah pada ikan kesayangan mu. Ingat penyebab ikan koki bisa mati kadang dari hal sepele. Kadang tampak seperti sisik yang cantik namun aneh, padahal itu jamur. Jadi anda harus teliti dan segera atasi jika ada hal yang berbeda dari ikan kesayangan mu

3. Suhu air yang tidak sesuai

Ingat ikan koki membutuhkan suhu antara 15 sampai 22 derajat celcius. Jadi pastikan suhu air mu terukur. Maka nya hal penting yang harus anda miliki ketika memiliki ikan koki adalah Heater. Dengan memiliki Heater maka kita bisa seat suhu ideal sesuai kebutuhan sang ikan. Heater ini juga merupakan alat aquarium yang sangat penting. Ingat heater harganya murah lo dan banyak di jual seken di forum forum jual beli ikan hias, jadi tidak ada alasan untuk anda tidak memiliki water heater ini sobat ya

4. Listrik Mati

Nah 99% penyebab ikan mas koki mati karena mati listrik sobat. Apalagi jika kualias air sedang kurang bagus atau sewaktu lama tidak ganti air. Ketika mati lampu maka suplay oksigen sedikit sekali. Dalam ke adaan tertentu 30 menit saja mati lampu sudah sangat bahaya sekali. Jadi pastikan anda memiliki gunakan airpump batterey atau aerotor cas yang bisa hidup saat mati lampu.

Jika tidak maka anda bisa memindahkan dulu ikan koki anda ke dalam bak mandi dan hidupkan kecil saja kran nya. Ini terbukti sangat aman untuk ikan koki anda. 

Bagaimana ketika kita sedang bepergian jauh? Ini yang sering menjadi masalah. Ketika kita memiliki ikan mas koki di rumah maka ketika bepergian jauh pastikan anda menitipkan rumah anda kepada orang yang bisa anda percaya. Ini sangat penting sobat. Karena selain Agar Rumah Aman Dari Maling ini juga untuk jaga jaga jika mati lampu. Sehingga orang yang anda percaya bisa masuk rumah dan mengamankan ikan koki kesayangan anda.

Demikian lah Penyebab Ikan Koki Mati yang sering terjadi, semoga anda bisa mengantisipasi nya. Ingat sedih lo ketika hewan peliharaan yang kita sayangi mati. Semoga sukses selalu