Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Bagi pecinta ikan hias, tentu memiliki ikan kesayangan yang sehat dengan nafsu makan yang baik adalah suatu kebahagiaan sendiri. Apalagi jika ikan hias tersebut adalah jenis ikan hias arwana. Cara merawat ikan arwana tidak bisa asal asalan ya karena bisa-bisa nafsu makan hilang dan parah nya bisa menyebabkan kematian pada ikan arwana kesayangan anda.

Untuk itu admin www.pintudunia.com akan menjawab sebuah pertanyaan tentang penyebab ikan arwana mogok makan yang sering terjadi. Hal ini sangat penting buat anda pahami jika anda adalah pecinta ikan arwana.



Sebenarnya apa Penyebab utama Ikan Arwana Tidak Mau Makan ini? Mengapa hal ini terjadi, dan bagaimana mengatasi ikan arwana yang mogok makan? Yup simak ulasan kami di bawah ini jika anda ingin paham ya...

Penyebab Ikan Arwana kurang nafsu Makan 

Berikut beberapa sebab ikan arwana tidak mau makan bahkan cenderung mogok makan dan tampak kurang sehat

1. Kualitas air yang buruk

Penyebab utama ikan arwana tidak mau makan adalah karena kualitas air yang buruk. 

Mengapa dari semua yang menyebabkan ikan arwana tidak nafsu makan ini maka kualitas air yang buruk adalah penyebab no 1? 

Karena dari pengalaman kami memelihara ikan arwana, hal ini telah kami buktikan sendiri. Bukan hanya teori ya, namun ini real praktek selama bertahun tahun memelihara ikan arwana.

Coba lah ketika ikan arwana anda kurang nafsu makan, perhatikan jadwal kuras aquarium mu, pasti telah lebih dari 2 minggu bukan? Walaupun terkadang bahkan ada yang sampai 2 bulan baru kuras aquarium namun pada beberapa kasus nafsu makan menurun pada arwana karena masalah kualitas air ini

Jika anda tidak percaya silahkan ganti air nya 90% lah, kira kira ikan masih bisa nyaman aja. Ganti air/kuras aquarium Jangan sampai kandas ya karena ikan akan loncat loncat dalam aquarium dan bikin stress. Intinya kuras sampai batas ikan masih bisa berenang, tampak punggung dikit tidak masalah asal tidak tergelepar ikan nya.

Setelah anda ganti air nya, dan anda penuhi lagi seperti biasanya, lalu tambah kan sedikit garam dapur yang kasar.

Kalau saya untuk ukuran aquarium 1mx50x50 saya berikan 1/2 sendok garam dapur kasar setiap mengisi air akurium. Taruh saja di filter atas nanti akan cair sendiri. Jangan di masuk kan langsung pada aquarium karena nanti ada endapan di bawah. Jika mau sedikit repot cairkan dulu garam nya di gelas lalu tuang aja jika sudah jadi cair. Kalau saya biasanya saya taruh di filter atas saja.

Saya pastikan setelah melakukan hal di atas maka nafsu makan arwana mu pasti naik bukan? Jika tidak maka ada masalah seperti no 2 di bawah ini.

 

2. Sakit 

Selain kualitas air yang buruk, salah satu masalah yang bisa membuat ikan arwana kesayangan anda mogok makan adalah karena sedang dalam kondisi sakit.

Sakit ini ada banyak sekali jenis nya, salah satu nya bisa saja karena katarak pada ikan arwana. Cara Mengobati Katarak Pada Ikan Arwana sangat mudah ya, sudah saya tulis di web pintudunia.com ini juga.

Selain katarak sakit karena lemes pengen mencoba pakan laen juga bisa sobat....misal nya jika setiap hari ikan arwana mu di kasih umpan jangkrik maka sekali kali kasih lah lipan atau ulat jerman.

Intinya berikan yang terbaik soal pakan pada ikan arwana mu dan ber variasi lah sesekali agar si ikan nyaman. Sama hal nya dengan kita, meskipun sate itu enak tapi jika tiap hari pasti bosan bukan? ikan juga sama sobat pintudunia.com

 

3. Cacat fisik

Banyak kasus ikan arwana mogok makan karena catat fisik atau luka pada bagian tubuh, sirip, sisik atau ekor. Banyak hal bisa merusak atau membuat cacat fisik pada ikan arwana ini. 

Salah satu kasus yang pernah saya alami langsung adalah ketika saya memindahkan ikan GR saya ke Aquarium yang lebih besar menggunakan plastik, ternyata ekor nya patah. Meskipun Cara Mengatasi Patah Ekor Ikan Arwana ini saat ini mudah sekali, namun dengan patah nya ekor ini terkadang di beberapa kasus ikan mogok makan dalam masa penyembuhan.

Pada kasus patah nya ekor ikan arwana saya itu, ikan arwana GR saya mogok makan 5 hari saat itu. Setelah 5 hari baru mulai mau makan lagi.

Cacat fisik laen nya yang sering adalah patah sungut atau luka di ujung mulut ikan arwana karena menabrak kaca saat menelan makan atau mengejar mangsa hidup.

Pernah saya kasih lipan besar, karena sangat senang nya si ikan berenang dengan kuat dan menelan lipan di puter puter sehingga membentur kaca, alhasil ujung mulut nya berdarah.

Hal ini tidak masalah, dalam 3 atau 4 hari sudah pulih dan siap makan kembali.

 

Dari beberapa Penyebab Ikan Arwana Tidak Mau Makan yang telah anda baca di web pintudunia.com di atas, maka saya menyarankan anda untuk lebih fokus pada point 1 karena pada point 1 hal itu lebih sering terjadi.

Demikian tips mengatasi ikan arwana yang mogok makan, semoga bermanfaat bagi anda. Silahkan share jika berkenan