Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 Ide Ternak di Lahan Sempit Paling Menguntungkan

Berternak adalah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Namun tak sedikit orang yang kemudian mengurungkan niatnya untuk berternak karena alasan lahan yang sempit. Bagi Anda yang ingin beternak namun terkendala oleh lahan, Berikut akan kami berikan, ide ternak di lahan sempit paling menguntungkan.

10 Ide Ternak di Lahan Sempit Paling Menguntungkan

1. Ternak Kucing Persia

Ide ternak di lahan sempit yang pertama adalah ternak kucing persia. Jika keberadaan kucing kampung sangat mudah ditemukan bahkan anaknya sering dibuang, kucing persia justru sebaliknya.

Kucing langka dan mahal ini masih menjadi hewan peliharaan populer di Indonesia. Penampilan fisiknya yang cantik dengan bulu yang lebat membuat kucing persia dibanderol dengan harga tinggi. 

Itulah mengapa ternak kucing persia bisa menjadi ternak yang menguntungkan di lahan sempit. 

Untuk memulai ternak kucing persia, Anda bisa mulai dari 3 ekor dulu. Misalnya 2 ekor betina dan 1 ekor jantan. 

Mengapa ternak kucing persia ini untung? Karena kucing jenis ini selain susah didapat juga harganya sangat mahal dan perawatan nya sangat mudah. Anda bisa cek di google untuk perawatan lengkap kucing persia

Intinya ternak jenis kucing mahal apapun bisa anda terapkan di lahan sempit karena memang ternak kucing ini tidak butuh lahan luas. Semua bisa kita buat dengan system kandang bertingkat. Yang perlu anda pahami hanyalah ilmu dalam beternak kucing saja karena misalnya anda jual beli kucing maka Cara Merawat Kucing Yang Baru Datang atau cara merawat kucing yang kurang nafsu makan tentu saja perlu ilmu dan penanganan khusus


2. Ternak cacing tanah

Ide ternak di lahan sempit selanjutnya adalah tenak cacing tanah. Ingat ternak cacing tanah ini bahkan bisa anda letak kan di dapur dengan wadah baskom atau bekas nampan sobat.


 

Cara beternak cacing tanah pun sudah banyak sekali para blogger yang membahasnya, atau lebih mudah nya anda bisa melihat di Youtube.

Saat ini peluang budidaya cacing tanah sangat tinggi dan cacing tanah juga merupakan salah satu hewan yang mudah di ternak dan minim resiko.


3. Ternak ulat Jerman

Walaupun ulat jerman tidak se viral ulat hongkong namun peluang sukses di ternak ulat jerman ini sangat tinggi. Kalau kita baca Panduan Lengkap Budidaya Ulat Jerman juga sangat mudah dan tidak perlu lahan luas.

Tenak ulat jerman bahkan bisa anda lakukan dalam kamar anda dengan tempat dari nampan atau buat saja dari kayu yang lebih di kenal dengan istilah kotak UJ.

Bagi pecinta ikan arwana atau ikan louhan maka dia sangat butuh sekali dengan ulat jerman ini. Sehingga budidaya ulat jerman ini sangat cocok anda padukan dengan budidaya jenis ikan lain nya. 

 

4. Ternak Lele

Konsep ternak di lahan sempit berikutnya adalah dengan berternak ikan lele. Mengapa harus lele?

Ingat, saat ini permintaan ikan lele untuk keperluan konsumsi sangat tinggi karena dagingnya yang enak dan kaya gizi. Cara beternak lele pun merupakan salah satu ternak ikan yang paling mudah.

Saat ini untuk beternak ikan lele tidak harus membutuhkan lahan yang luas. Cukup dengan menyediakan kolam yang sesuai dengan jumlah lele yang akan Anda pelihara. 

Kolam lele juga bisa dibuat dengan material yang sederhana. Anda bisa menggunakan kolam terbuat dari semen atau terpal. Selain itu, lele juga termasuk pemakan segala dan tidak mudah mati meskipun berada di air yang keruh. Dapat dikatakan jika perawatan lele cukup mudah.

 

5. Ternak Burung Kicau

Budidaya burung kicau selain sebagai merupakan Ide terbaik ternak di lahan sempit, juga bisa menjadi sarana penghilang stres karena setiap hari kita akan ditemani oleh kicauan burung yang merdu. 

Berternak burung tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan bisa dilakukan di pekarangan rumah. Karena ukuran burung relatif kecil maka sangkar untuk tempat burung tersebut juga bisa di sesuaikan.

Ada banyak jenis burung kicau yang bisa dijadikan bisnis budidaya, mulai dari burung murai, kacer, love bird, cendet, cucak rowo, pleci, robin, cucak ijo, kenari, dan lain sebagainya.

Agar lebih menguatkan potensi keberhasilan anda dalam ternak burung kicau, maka berkumpul lah dengan club club burung agar lebih bisa menjiwai dan banyak pengalaman yang anda dapatkan

 

6. Ternak Kroto

Ide sukses ternak di lahan sempit yang sempat viral adalah ternak kroto. Perlu kita ketahui jika Kroto adalah telur atau larva yang dihasilkan oleh semut rangrang. 

Kroto merupakan makanan utama burung kicau. Jadi anda bisa memadukan ternak kroto ini dengan ternak burung kicau ya....

Untuk mendapatkan kroto, para pencinta burung umumnya mencarinya di alam liar. Karena semut jenis ini suka membuat sarang menggunakan dedaunan di pohon. 

Namun karena banyaknya perburuan sarang semut rangrang untuk dijadikan pakan burung, dan semakin banyak hutan yang dibabat, kini keberadaan kroto semakin langka dan harganya pun ikut meroket. Harga jual kroto biasanya mulai dari Rp. 20.000/ 100 gram

Karena kelangkaannya dan harga jualnya yang tinggi, maka budidaya semut rangrang bisa Anda jadikan Ide ternak di lahan sempit yang menguntungkan.

 

7. Ternak Hamster

Mamalia kecil yang menggemaskan ini disukai banyak orang dari berbagai kalangan. Perawatannya juga relatif mudah dan makanan hamster sudah banyak tersedia di toko. Untuk beternak hamster Anda tidak membutuhkan lahan yang luas. 

Anda hanya perlu menyiapkan kandang hamster berukuran kecil yang bisa dibuat dari apa saja, mulai dari akuarium kaca hingga toples bekas. Hal lain yang perlu disiapkan untuk memelihara hamster adalah serbuk kayu dan makanannya.

 


8. Ternak Itik

Ternak itik juga termasuk ide ternak di lahan sempit yang kami rekomendasikan untuk Anda coba. Selain perawatannya yang mudah, itik juga tidak mudah stres seperti ayam dan lebih kebal terhadap penyakit.

Kendala orang saat memelihara itik biasanya karena bau yang menyengat dari kotoran unggas ini. Hal ini disebabkan karena banyak orang beranggapan bahwa itik memerlukan air untuk berenang. Kenyataannya, kotoran itik berbau tak sedap justru karena bercampur air. 

Meskipun itik terkenal penyuka air namun hewan ini bisa hidup meskipun berada didaerah minim air. Untuk itu, agar bau kotoran itik tidak menyengat, usahakan lahan budidaya tidak lembab.

 

9. Ternak Belut

Belut juga merupakan hewan ternak yang tidak memerlukan lahan yang luas untuk membudidayakannya. Bahkan, belut bisa diternak hanya dengan memanfaatkan tong atau ember. Kelebihan ternak belut ada pada harga jualnya yang mahal.
Jadi tidak ada salahnya mencoba beternak belut jika Anda memiliki lahan yang sempit. Selain itu perawatannya juga mudah.

 

10. Ternak Kelinci

Kelinci umumnya di ternak hanya untuk hewan peliharaan saja. Namun karena dagingnya yang lezat serta perkembangbiakannya yang cepat. Cocok jika kelinci dijadikan ide ternak di lahan sempit.

Namun jangan terlalu sering memberi makan kelinci dengan sayuran kangkung, karena meskipun kangkung termasuk jenis sayuran, kangkung bisa menimbulkan kembung pada kelinci yang bisa mengakibatkan kematian.

Untuk pakan kelinci, Anda bisa memberinya foor kelinci yang bisa dibeli di toko pakan hewan maupun buah-buahan.

 

Apakah dari 10 Ide Ternak di Lahan Sempit Paling Menguntungkan di atas ada yang menarik bagi anda? Jika anda segeralah action dan raih lah sukses anda. Kami sebagai admin www.pintudunia.com turun senang jika anda suskes lewat referensi kami.